Skip to main content

HTML Lanjutan: Pengertian Meta Tag HTML dan Contoh

Pengertian Meta Tag HTML dan Contoh

Pengertian Meta Tag HTML dan Contoh - Sebelumnya kita sudah belajar tentang perbedaan tag div dan tag span. Nah sekarang kita akan membahas tentang pengertian meta tag HTML.

Meta tag merupakan tag yang sudah cukup terkenal bagi kalangan para blogger Namun, meta tag sudah tidak terlalu penting seperti tahun sebelumnya. Apa meta tag ini ?


Pengertian Meta Tag

Meta tag adalah tag yang digunakan untuk memberi keterangan terkait sebuah konten halaman web. Meta tag juga memiliki fungsi untuk memberitahukan web browser bahwa proses yang bagaimana akan dilakukan terhadap halaman web.

Semua yang tercatat di meta tag tidak diperlihatkan oleh web browser. Karena, meta tag ini berisi info yang diperuntukkan untuk web browser.

Meta tag ditulis pada bagian <head> pada struktur dasar html dan juga terdiri dari beberapa meta tag yang atributnya berbeda-beda. Seperti contoh : charset, name, http-equiv, dan content.

Untuk menulis kode meta tag seperti ini : <meta .../>. Meta tag termasuk kedalam tag yang tidak memiliki pasangan.

Atribut name Pada Meta Tag

Atribut name biasanya digunakan untuk memberi keterangan terkait kode HTML seperti : nama si pembuat kode, tanggal, dan keterangan halaman web tersebut.

Untuk website luar, biasanya name meta tag nya akan berisi author, description dan keywords.

  1. Author : untuk nama pembuat website
  2. Description : untuk keterangan halaman website
  3. Keywords : untuk kata kunci dari sebuah halaman

Atribut charset Pada Meta Tag

Atribut charset pada meta tag berfungsi untuk memberitahu web browser tentang karakter set apa halaman web akan ditampilkan. Secara umum, atribut charset ini ditulis seperti utf-8 atau ISO-8859-1.

Jika atribut charset ini tidak dituliskan didalam meta tag, maka tampilan halaman tidak akan berubah jika website tersebut dibuka di negara yang menggunakan huruf latin, seperti negara jepang, arab dll. Dengan menuliskan kode atribut charset utf-8 pada meta tag adalah langkah yang terbaik.

Atribut HTTP Equivalents Pada Meta Tag

Atribut HTTP Equivalents bersangkutan dengan HTTP header. HTTP header merupakan informasi kecil yang terdapat pada halaman web yang dikirim ke web browser setiap kali menampilkan sebuah halaman web.

Nilai dari atribut HTTP Equivalents ini bisa berbentuk content-type, default-style dan refresh.

Yang paling menariknya adalah kalau nilai HTTP Equivalents kita isi dengan refresh, maka kita bisa mengontrol secara otomatis pada saat kapan halaman website akan di refresh.

Contoh Meta Tag HTML

Setelah membahas tentang pengertian meta tag HTML, sekarang kita akan membuat contohnya. Sekarang buka text editor dan ketikkan kode dibawah ini simpan dengan nama metatag.html.


<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>Belajar Meta Tag HTML</title>
    <meta charset="utf-8" />
    <meta http-equiv="refresh" content="5" />
    <meta name="keywords" content="belajar meta tag html, 
    pengertian meta tag, contoh meta tag, belajar html lanjutan" />
    <meta name="description" content="paltycox.com adalah sebuah media yang menampilkan 
    informasi digital secara gratis" />
</head>
<body>
   <p>
     Halaman ini secara otomatis di refresh setiap <em>5 detik</em>
   </p>
</body>
</html>
 

Hasilnya :

contoh meta tag html

Dari contoh kode yang kita buat diatas menggunakan meta tag HTML, maka yang akan terjadi adalah halaman tersebut direfresh setiap 5 detik. Hal ini terjadi karena kita menuliskan kode <meta http-equiv="refresh" content="5" />. Dimana bagian content diisi dengan angka sebagai penentu berapa detik halaman tersebut akan direfresh secara otomatis.

Kalau atribut keyword dan description itu ditujukan kepada mesin pencari seperti google, bing dll.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar