L2PjalGvn1S1vJAv8mtMsVuMxO5Mk1KuTAI6E6jc

Cara Mudah Mengatasi Error 0xc00007b (Unable To Start)

Cara Mudah Mengatasi Error 0xc00007b (Unable To Start)

Cara Mudah Mengatasi Error 0xc00007b (Unable To Start) - Mungkin saja Kamu pernah mengalami error ketika membuka sebuah aplikasi yang berisi pesan seperti, “The Application was unable to start correctly. Click OK to close the Application (0xc00007b)”. Hal membuat aplikasi tersebut tidak dapat dibuka, walaupun sudah dibuka berkali-kali.

Error ini sering terjadi pada windows 10, baik itu 64 bit ataupun 32 bit. Biasanya error ini disebabkan karena adanya pencampuran file antara file system 32 bit dengan 64 bit didalam 1 file. Atau dengan kata lain dapat diartikan user memiliki sebuah aplikasi untuk system 32 bit, namun mencoba untuk memuat di system 64 bit.

Disini paltycox.com akan membahas dengan detail untuk mengatasi error 0xc00007b yang sedang Kamu alami.


Baca Juga: Cara Update Windows 11

Penyebab Error 0xc00007b

Terdapat beberapa hal yang menjadi penyebab munculnya error “unable to start correctly” (0xc000007b) di laptop Kamu windows 10 Di antaranya:

  • Mungkin, aplikasinya memang sudah rusak
  • Kamu tidak menginstall versi lengkap dari aplikasi tersebut
  • Dan mungkin saja masalah dari sistemnya sendiri
  • Adanya masalah pada program penting seperti .NET Framework, Direct X dan Microsoft Visual C++
  • File yang sudah corrupt
  • Registry yang error
  • Infeksi virus
  • Kesalahan deteksi antivirus.

Dapat dikatakan hal ini merupakan versi lain dari crash atau stopped working (kurang lebih seperti itulah).


Baca Juga: Cara Uninstall Aplikasi di Laptop

Cara Mengatasi 0xc00007b (Unable To Start Correctly)

Jika Kamu pengguna sistem operasi Windows 10, mungkin Kamu sedang mengalami kesalahan ini. Tidak perlu merasa khawatir di bawah ini Kamu akan mendapatkan solusi lengkap untuk cara mengatasi error 0xc00007b dari semua game PC dan aplikasi lainnya.

Dengan bantuan trik dibawah ini, Anda dapat memperbaiki kesalahan aplikasi 0xc00007b atau memperbaiki kesalahan 0xc000007b di windows 7,Windows 8 dan Windows 10.

Solusi yang dapat Kamu lakukan untuk mengatasi error 0xc00007b.

  1. Restart komputer
  2. Membuka Aplikasi Mode Administrator
  3. Install ulang aplikasi yang bermasalah
  4. Install ulang visual c++
  5. Instal ulang .NET Framework
  6. Cek kesehatan harddisk
  7. Update sistem operasi
  8. Buka aplikasi di perangkat lain

Baca Juga: Cara Mematikan Update Windows 10

1. Restart Komputer

Melakukan restart pada komputer merupakan cara yang ampuh untuk mengatasi segala error yang terdapat pada windows, salah satunya error "The application was unable to start correctly (0xc00007b)".

Klik tombol Start Menu ➡ klik icon Power ➡ lalu klik Restart. Tunggu proses restart selesai dan buka kembali aplikasi yang error tadi. Jika masalah error tersebut belum berhasil, ikuti cara kedua !


Baca Juga: Cara Membersihkan Hard Disk Laptop

2. Membuka Aplikasi Mode Administrator

Error ini muncul pada saat user membuka aplikasi, coba buka aplikasi dalam mode administrator untuk mengatasi hal ini. Untuk membuka aplikasinya dengan cara klik kanan aplikasi yang bermasalah lalu pilih Run as administrator.

Jika masalahnya teratasi dan berhasil, gunakan fitur otomatisnya dengan cara klik kanan pada aplikasi yang bermasalah ➡ klik Properties ➡ klik pada tab Compatibility ➡ centang Run this program as an administrator.


Baca Juga: Cara Membagi Partisi di Windows 10

3. Install Ulang Aplikasi yang Bermasalah

Karena error ini terjadi pada aplikasi atau game. Kamu dapat mengatasinya dengan cara uninstall aplikasi terlebih dahulu kemudian menginstall nya kembali.

Untuk melakukan uninstall, Kamu masuk ke Control PanelProgram and Features ➡ klik kanan pada aplikasi/game yang bermasalah ➡ Uninstall.

Setelah proses uninstall aplikasi selesai, restart komputer Kamu dan install kembali aplikasi/game yang bermasalah tadi.


Baca Juga: Cara Membuat Bootable Menggunakan USB

4. Install Ulang Visual C++

Microsoft Visual C++ Package merupakan serangkaian komponen yang sangat dibutuhkan sebuah aplikasi agar bisa berjalan. Jika file VC++ ini corrupt, error The application was unable to start correctly bisa muncul, untuk itu lakukan install ulang agar masalah error ini selesai.


Baca Juga: Cara Transfer File dari HP ke Laptop

Sama halnya dengan aplikasi yang lain, Kamu dapat hapus instalasi program terlebih dahulu melalui Control PanelProgram and Features. Untuk file setup Visual C++ Kamu bisa memperoleh filenya melalui website resmi dari Microsoft.

Oh iya, janganlah lupa untuk melihat nama file dan juga versi tahun dari program tersebut.


Baca Juga: Cara Aktivasi Office 2016 Secara Permanen

5. Instal Ulang .NET Framework

Untuk mengatasi error application unable to start di Windows 7, coba Kamu lakukan install ulang pada .NET Framework yang kamu gunakan.

NET Framework (atau biasa disebut DotNET), adalah salah satu komponen sangat penting bagi Windows dan sayangnya ini tidak disediakan secara bawaan.

Namun untuk pengguna Windows 10, hal ini tak masalah untuk dilakukan, tapi OS tersebut sudah dilengkapi dengan NetFx yang dibutuhkan.

Bagaimana cara install ulang .NET Fx? Caranya cukup mudah, ikuti langkah-langkah dibawah ini !

  • Silahkan masuk terlebih dahulu ke situs resminya di https://dotnet.microsoft.com/download
  • Download versi .NET Framework yang terbaru/yang dibutuhkan
  • Setelah selesai download, buka dan install programnya

.NET ini bersifat gratis dan juga open-source serta cross platform. Tidak ada biaya ataupun lisensi yang harus dibayar.

6. Cek Kesehatan Harddisk

Harddisk juga bisa memicu terjadinya error 0xc00007b ini. Karena pada dasar nya seluruh sumber aplikasi berasal dari harddisk. Jika harddisk Kamu penuh, Kamu harus tahu cara membersihkan harddisk pada laptop.

Salah satu cara untuk mengecek kesehatan harddisk bisa dengan menggunakan bantuan command prompt (cmd). Berikut ini cara untuk mengecek kesehatan harddisk.

  1. Buka command prompt pada komputer
  2. Ketik chkdsk c: /f /r
  3. Tunggu proses scanning sampai selesai

Catatan: letter c: untuk perintah chkdsk diatas menyesuaikan dengan nama partisi sistem operasi tersimpan. Jadi jika misalkan sistem operasi terinstall di letter z: maka gunakan z: /f /r.

7. Update Sistem Operasi

Dengan melakukan update pada sistem operasi bisa menjadi solusi untuk mengatasi beberapa bugs yang akan menyebabkan munculnya error.

Disamping itu, beberapa program dan fitur seperti DirectX, Visual C++ dan .NET Framework bisa juga dilakukan update melalui Windows Update.

Untuk melakukan update pada Windows 10 cukup mudah dilakukan, yaitu dengan cara klik Start MenuSettingsUpdate & SecurityCheck for updates dan tunggu proses update sampai selesai.

Saat proses instalasi berjalan, pastikan komputer Kamu tidak mati.

8. Buka Aplikasi Melalui Perangkat Lain

Cara ini lebih mudah untuk digunakan untuk mengatasi error 0xc00007b.

Selama filenya tidak besar, Kamu bisa menggunakan cara ini. Karena jika file nya terlalu besar, bisa jadi masalahnya bukan berasal dari program / game melainkan komputermu.

Coba copy file ke perangkat lain, install, kemudian jalankan. Periksa juga tipe dari sistem operasi yang Kamu gunakan, apakah itu sistem operasi dengan 32 bit atau 64 bit.

Untuk mengetahui tipe dari sistem operasi, dengan cara menekan tombol Windows + Pause/Break. Atau Klik Start Menu ➡ lalu cari System Information ➡ lihat kolom System Type.


Nah, dengan menggunakan cara seperti diatas, sampai sekarang saya tidak pernah lagi mengalami masalah error 0xc00007b “unable to start correctly“. Semoga artikel ini membantu masalah Kamu dan bermanfaat, sekian dan terimakasih.

Related Posts

Related Posts

Post a Comment