L2PjalGvn1S1vJAv8mtMsVuMxO5Mk1KuTAI6E6jc

Cara Main Saham Emas Bagi Pemula, Mudah dan Aman

Cara Main Saham Emas Bagi Pemula, Mudah dan Aman - Jenis investasi yang mudah dipahami adalah investasi emas. Strategi investasi emas ini dapat dikatakan bagus untuk menambah portofolio investasi Kamu, apalagi disaat musim pandemi.

Dikutip dari Bankrate, kebanyakan orang lebih menyukai berinvestasi emas perhiasan. Akan tetapi, bagi investor pemula dapat mencoba investasi emas dibawah ini :

Cara Investasi Emas Bagi Pemula

Bagi yang masih investor pemula, dapat memilih produk investasi emas, seperti emas perhiasan, batangan, kontrak berjangka, dan perusahaan tambang emas. Simak tipsnya.

  1. Emas Batangan

    Emas batangan mengacu pada bentuk emas murni dan contoh paling umumnya adalah emas batangan. Batangan emas harus disertifikasi untuk berat dan kemurniannya. Dan pada umumnya mempunyai nomor seri yang dilampirkan untuk alasan keamanan.

    Emas batangan ini memiliki berbagai variasi dalam bentuk ukuran. Terdapat beberapa kekurangan dalam melakukan pembelian investasi emas, karena Kamu harus mempunyai tempat yang benar-benar aman untuk menyimpannya.

  2. Koin Emas

    Kamu mungkin sudah akrab dengan koin emas yang populer baik dari infomersial dan iklan lainnya. Bentuk jual beli emas ini lumayan terkenal dan sering dianggap lebih aman daripada emas batangan karena ukurannya yang lebih kecil. Investor bisa membeli koin emas dari kolektor ataupun dealer lalu menjualnya kembali dengan harga yang lebih tinggi agar mendapatkan keuntungan.

    Mayoritas dealer berada di kota yang membuat koin emas mudah untuk didapatkan. Untuk kemudahan pembelian menjadi salah satu cara berinvestasi emas bagi pemula

  3. Perhiasan Emas

    Perhiasan emas merupakan bentuk investasi emas yang paling sering diperjual belikan oleh kebanyakan orang. Sebenarnya perhiasan emas sangat cocok untuk pemula karena cukup mudah untuk didapat. Menurut Investopedia , ada sekitaran 49% produksi emas global dipakai untuk membuat perhiasan tersebut.

  4. ETF Emas & Reksa Dana

    Dana yang diperjualbelikan di bursa emas (ETF) dan reksa dana ialah akun yang membeli emas atas nama oleh investor. Saham yang membuat dana ini masing-masing diwakili oleh jumlah emas yang masih tetap dan bisa dibeli dan dijual seperti saham biasanya.

    Hal ini merupakan salah satu cara terbaik untuk melakukan investasi emas karena ETF dan reksa dana memungkinkan investor untuk bekerja dengan emas, tanpa adanya urusan dengan biaya kepemilikan fisik (seperti keamanan atau asuransi emas). Terdapat biaya yang berkaitan dengan pembelian dan penjualan emas lewat ETF atau reksa dana, tapi sering lebih rendah bila dibanding dengan pengurusan aset yang lain.

  5. Emas Berjangka

    Emas berjangka ialah kontrak berjangka untuk jual beli emas di titik waktu tertentu. Tiap kontrak mewakili jumlah emas tertentu dan bergantung pada rinciannya bisa membayar dengan jumlah dolar atau emas fisik. Emas berjangka bisa menjadi sangat besar dan membuat strategi ini cocok investor yang bermodal untuk membeli kontrak yang memiliki nilai yang tinggi.

    Ada pula opsi emas berjangka untuk diperhitungkan. Ini memberikan investor pilihan untuk membeli kontrak berjangka pada harga yang sudah ditetapkan di titik waktu tertentu. Opsi akan sangat membantu untuk meningkatkan investasi awal, walaupun diwajibkan untuk membayar nilai dasar emas untuk mempunyai opsi seutuhnya. Emas berjangka dan opsi dipandang naik-turun hingga membuat lebih susah untuk ditembus dan diatur apabila dibandingkan dengan bentuk investasi emas yang lain.

  6. Perusahaan & Saham Penambangan Emas

    Melakukan investasi di perusahaan pertambangan emas ialah cara yang menarik untuk menggabungkan investasi emas dengan saham tradisional. Dengan beli saham di perusahaan yang bekerja dengan emas, investor bisa terhubung keuntungan emas tanpa beli atau menjualnya sendiri.

    Bentuk investasi ini dapat memberi resiko yang lebih rendah, karena ada faktor bisnis lain untuk berperan yang bisa menolong membuat perlindungan investor dari harga emas yang datar atau turun. Investor dapat lakukan riset untuk cari perusahaan emas yang pas untuk melakukan investasi.

  7. Perusahaan Streaming & Royalti

    Investasi di perusahaan streaming dan royalti ialah cara lain untuk melakukan investasi emas lewat saham. Perusahaan-perusahaan ini akan memberi uang muka ke perusahaan pertambangan untuk hak beli emas (atau komoditas yang lain) di masa mendatang.

    Bentuk investasi ini mewajibkan investor pemula agar mempelajari lebih dalam mengenai resiko penambangan emas dan perusahaan yang berkaitan. Tingkat penelitian yang dibutuhkan untuk sukses melakukan investasi di perusahaan streaming dan royalti menjadi penghambat masuk untuk sebagian orang.

Cara Investasi Emas yang Aman Bagi Pemula

Memiliki penghasilan tetap bukan berarti hidup Kamu dimasa depan sudah terjamin. Agar masa depan Kamu lebih baik, ada satu hal yang harus Kamu lakukan sedini mungkin yaitu investasi. Apapun bentuk investasinya, harus Kamu lakukan selagi masih memiliki penghasilan tetap. Banyak jenis investasi yang bisa Kamu pilih, mulai dari investasi saham, tanah, deposito bahkan emas.

Emas bukan hanya untuk sebagai perhiasan saja, namun dianggap sebagai cara investasi emas agar untung. Kenapa? Karena emas adalah sebuah barang yang memiliki harganya kecenderungan naik dan jarang mengalami penurunan (anjlok) secara signifikan.

Tidak usah merasa khawatir, jika Kamu ingin berinvestasi emas namun tidak tahu caranya, disini paltycox.com akan menjelaskannya. Jadi bagaimana cara main saham emas yang aman bagi pemula?

Cara Main Saham Emas Bagi Pemula

  1. Pastikan tujuan investasi emas

    Sebelum melakukan investasi emas ini, pastikan dulu apa tujuan Kamu untuk melakukan investasi. Cara main saham emas yang aman adalah tahu apa tujuannya melakukan investasi. Banyak tujuan sebagai target dalam berinvestasi emas, seperti untuk biaya pernikahan, pendidikan atau investasi untuk hari tua.

    Misalnya, Kamu memiliki target dalam waktu 10 tahun akan berhenti sebagai karyawan dan mulai membuka bisnis baru, baik itu bisnis online maupun konvesional. Lalu sebagian penghasilan gaji Kamu sisihkan dan investasikan ke emas. Jika Kamu memiliki tujuan dan target yang jelas seperti ini. Sehingga Kamu akan tahu berapa besaran emas yang akan diinvestasikan setiap bulannya. Nah begitulah cara investasi emas yang aman untuk pemula

  2. Pantau Harga Emas Secara Berkala

    Cara main saham emas berikutnya Kamu memantau harga emas secara berkala. Karena teknologi semakin canggih, untuk memantau harga emas pun tidaklah hal yang sulit. Banyak website di internet yang menampilkan harga perkembangan emas setiap harinya. Selain itu ada juga aplikasi yang bisa Kamu download di hp Kamu untuk memantau perkembangan harga emas.

    Apa tujuan memantau harga emas ini? Emas walau dikenali sebagai alat investasi yang paling stabil kadang juga mengalami penurunan harga. Jika suatu saat nanti harga sudah melonjak tinggi, Kamu bisa menjualnya agar mendapatkan keuntungan. Sebaiknya investasi emas dilakukan untuk investasi jangka panjang yaitu dalam waktu 5 sampai 10 tahun. Itu langkah kedua untuk investasi emas.

  3. Membeli Emas di Tempat yang Terpercaya

    Selanjutnya, Kamu harus membeli emas di tempat yang terpercaya. Banyak tempat yang menjual emas batangan untuk berinvestasi. Tetapi Kamu harus memilih tempat yang terpercaya dan resmi. Resmi yaitu menjual emas yang menyertakan surat-suratnya dan sertifikatnya, karena ada beberapa penjual emas yang tidak memberikan surat-surat dan sertifikat. Mereka hanya menjual emasnya saja.

  4. Fokus Masa Depan

    Selanjutnya cara berinvestasi agar menguntungkan adalah Kamu harus fokus pada masa depan. Kamu juga harus memahami bahwa investasi adalah tabungan untuk masa depan yang baik. Jadi, ketika ingin melakukan investasi, termasuk investasi emas atau saham perlu kesabaran untuk melihat hasilnya. Kamu harus fokus terhadap tujuan atau target dan masa depan yang ingin Kamu capai. Jadi fokus ke masa depan merupakan cara investasi emas yang bisa Kamu lakukan.

Nah, itu saja cara main saham emas bagi pemula yang mudah dan aman. Sampai saat ini investasi emas sangat disukai oleh banyak orang sebagai alat investasi. Jadi sangat penting bagi Kamu yang ingin melakukan investasi agar memahami cara investasi emas. Emas memiliki harga yang stabil bahkan cenderung naik. Selain itu ada beberapa keuntungan berinvestasi emas. Apa saja ya? Simak penjelasan berikut

Keuntungan Investasi Emas

Berikut ini keuntungan investasi emas :

  1. Mudah Dicairkan

    Keuntungan melakukan investasi emas yang pertama adalah mudah untuk dicairkan. Artinya emas mudah dicairkan dalam bentuk uang tunai, yang jika pada waktu tertentu Kamu sedang membutuhkan uang untuk kebutuhan tertentu. Jika dibandingkan dengan investasi lainnya seperti tanah, tentu saja emas lebih mudah dicairkan.

  2. Selanjutnya ialah investasi emas memiliki arti melindungi kekayaan. Hal ini bisa dilihat dari harga yang stabil dan cenderung naik. Misalnya jika suatu saat terjadi inflasi atau krisis ekonomi, harga emas malah cenderung naik atau meningkat. Tentu saja hal ini sangat berbeda dengan hanya menyimpan uang tunai saja. Saat terjadi inflasi, maka nilai mata uang akan ikut melemah.

Nah itu 2 hal keuntungan dalam berinvestasi emas. Jika sudah mengetahuinya, tidak ada salahnya untuk memulai investasi emas. Cara investasi emas diatas tidaklah sulit untuk dilakukan. Yukk segera mulai investasi emas!!!

Related Posts

Related Posts

Post a Comment