Iklan

terkini

Cara Jualan Online Laris di WhatsApp Agar Cepat Laku

13 Okt 2022, Oktober 13, 2022 WIB Last Updated 2023-05-31T02:09:06Z
Jualan Online Laris di WA

WhatsApp adalah salah satu aplikasi sosial media yang sangat populer saat ini dan bisa dijadikan sebagai sarana berjualan online. Dari data yang sudah ditemukan ada sebanyak 80% pengguna aplikasi WhatsApp di Indonesia.

Dilihat dari data tersebut, hal ini merupakan sebuah peluang emas agar dapat menjangkau pangsa pasar yang luas. Jadi bagaimana cara jualan online di WA?

Sebelum masuk ke intinya, Kamu harus tahu, mengapa bisnis menggunakan sosial media, seperti WhatsApp untuk berjualan? Karena hal ini memudahkan bisnis dengan pelanggan melakukan transaksi tanpa harus bertatap muka (daring).

Tips Jualan Online Laris di WhatsApp

Agar penjualan Kamu laris melalui WA, sudah pasti Kamu harus melakukan strategi yang harus jitu.

Agar penjualan Kamu laris terjual, berikut ini ada beberapa cara jualan online di WhatsApp.

1. Gunakan WhatsApp Business

Cara pertama agar jualan online laris di WhatsApp, Kamu harus menggunakan WhatsApp Business (WA Business). Hal ini akan membuat para pelanggan menjadi percaya bahwa toko Kamu itu profesional.

Aplikasi ini memiliki berbagai fitur yang sangat menarik dan bisa membantu Kamu dalam berjualan, seperti menanggapi pesan dengan cepat, menyortir, menawarkan pengalaman berbelanja dan lain sebagainya.

WA Business bisa Kamu download melalui Google PlayStore atau AppStore. Gunakan nomor telepon khusus, maksudnya nomor khusus untuk bisnis Kamu (jangan menggunakan nomor pribadi).

Untuk mengedit profil WA Business, kamu harus :

  1. Buka WhatsApp Business -> klik tombol Menu -> Pengaturan -> Pengaturan Perusahaan -> Profil
  2. Klik Edit di sudut kanan atas
  3. Edit dan Simpan

Kamu juga bisa menambahkan informasi bisnis lainnya, seperti jam buka, deskripsi, email, situs dan web.

2. Manajemen Kontak Pelanggan

Yang kedua ialah Kamu harus mengelola kontak pelanggan. Simpan kontak mereka pelanggan yang pernah menchatting Kamu. Hal ini akan sangat berguna, ketika Kamu memiliki produk terbaru, Kamu bisa langsung mengirim ke kontak mereka dan juga melakukan story di WhatsApp.

3. Tentukan Target atau Tujuan

Agar jualan Kamu laris terjual di WhatsApp, Kamu harus menentukan target atau tujuan yang ingin Kamu capai. Setelah target atau tujuan sudah ada, selanjutnya Kamu bisa menyusun rencana untuk pemasaran.

Hal ini akan membuat Kamu semakin fokus, ingat terus target dan tujuan Kamu, jangan sampai lupa. Tentukan segmen pasar mana yang ingin Kamu jangkau. Hal ini bertujuan agar pemasaran Kamu menjadi terarah, maksudnya disini Kamu tidak sekedar melakukan promosi/pemasaran asal-asalan.

Dengan begitu, diharapkan bisa mendapatkan hasil yang maksimal dan memuaskan.

4. Buat Konten Marketing yang Menarik

Selanjutnya, agar terjadi penjualan, maka harus melakukan strategi pemasaran yaitu dari konten.

Dimana konten tersebut harus menarik perhatian pelanggan sehingga pelanggan tersebut mau membeli, oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui konten yang sesuai dengan tren pasar saat ini.

5. Personalisasi Para Pelanggan

Personalisasi merupakan sarana untuk memenuhi kebutuhan para pelanggan secara efisien dan efektif. Hal ini membuat interaksi Kamu sebagai pebisnis dengan pelangan lebih mudah dan cepat, hingga akan mengakibatkan meningkatnya kepuasan pelanggan dan kemungkinan kunjungan atau pembelian yang berulang.

Jadi bukan hal yang mustahil untuk jualan online laris di WhatsApp, karena WA sebuah aplikasi chat yang membuat interaksi semakin mudah. Perilakukan pelanggan layaknya raja.

6. Gunakan Kalimat Call To Action

Call To Action (CTA) merupakan istilah dalam hal pemasaran yang mengacu pada konten, baik itu konten tulisan, gambar atau video yang mendorong minat pelanggan untuk melakukan aksi.

Contoh kalimat CTA seperti Beli Sekarang!, Cek Sekarang, Pesan Sekarang dan lain sebagainya.

7. Gunakan Chatbot WhatsApp

WhatsApp Chatbot sangat berperan penting untuk bisnis dalam hal memberikan layanan kepada pelanggan dengan baik.

Chatbot akan sangat berfungsi, ketika ada pelanggan mengirim chat diluar jam operasional, maka chatbot WA akan dapat membantu pelanggan untuk memproses terjadinya penjualan.

Penggunaan Chatbot bisa Kamu atur sesuai dengan keinginan.


Nah, itu saja cara jualan online laris di WA. Jika Kamu merasa artikel ini bermanfaat silahkan share kepada temanteman Kamu. Sekian dan Terimakasih.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Cara Jualan Online Laris di WhatsApp Agar Cepat Laku

Terkini

Topik Populer

Iklan