Iklan

terkini

5 Cara Mudah Membersihkan Laptop yang Baik dan Efisien Wajib Dilakukan

3 Jun 2019, Juni 03, 2019 WIB Last Updated 2023-01-28T16:17:13Z

Sadarkah Anda bahwa laptop Anda sering berdebu? Seringkali laptop tak dulu dibesihkan dan terasa seakan itu baik-baik saja.

Padahal, debu hanya tak nampak pada layar karena seringkali tak terlalu banyak terpapar cahaya dikala bermain laptop.

Jika dibiarkan, kotoran yang menempel tentunya dapat menyebabkan laptop yang digunakan kurang nyaman dipakai atau dipandang.

Berdasarkan laporan tim peneliti IT pada tahun 2016, keyboard komputer berpotensi menjadi 'rumah' bagi banyak kuman, mirip seperti daerah dudukan toilet.

Karena itu, sebaiknya seminggu sekali untuk membersihkan laptop. Ada baiknya sebelum akan dibersihkan, Anda mematikan atau mencabut baterai laptop agar tidak bermasalah.

Tanpa panjang lebar, berikut adalah siasat paling jitu membersihkan laptop

1. Casing Laptop

Pastikan mematikan laptop Anda lebih dahulu. Saat di dalam kondisi mati, ambil kain dan spons untuk membersihkan debu berasal dari casing laptop.

Usahakan untuk memanfaatkan seminimal mungkin membersihkan laptop dengan pembersih berbahan cairan yang lebih kuat berasal dari sabun yang dilarutkan.

Ada baiknya Anda menjauhi penggunaan alkohol atau pembersih yang memiliki kandungan zat hidrogen peroksida dikala membersihkan layar laptop.

Setelah membersihkan anggota casing laptop bersama kain lembab, sebaiknya dibersihkan lagi menggunakan kain kering

Hal ini digunakan untuk membuang cairan yang menempel pada casing laptop.

2. Berhati-Hati Dalam Membersihkan Layar

Layar laptop juga peka dibersihkan. Ada baiknya Anda sedikit waspada sementara membersihkan layar, khususnya material bahan yang digunakan.

Anda sanggup kenakan kain mikrofiber yang dibasahi air. Jika keduanya masih gagal, memanfaatkan tisu tertentu pembersih layar.

3. Bagian Keyboard

Selanjutnya, membersihkan kotoran berasal dari keyboard perlu perlahan-lahan agar air tidak masuk ke anggota dalam.

Gunakan sekaleng hawa terkompresi atau perangkat vakum kecil untuk menyingkirkan remah-remah yang bisa saja terganjal di antara tombol keyboard.

Posisikan keyboard terhadap sudut 75 derajat sementara menyemprotkan hawa ke dalam, dan putar laptop perlahan untuk membersihkan remah-remah yang membandel di dalam.

Setelah itu, olesi korek kuping bersama alkohol untuk membersihkan lemak atau minyak yang membandel di antara tombol.

Usahakan untuk tidak terlalu banyak memanfaatkan alkohol, dan jangan sekalipun menempelkan korek kuping ke di dalam keyboard.

4. Trackpad

Bagian terakhir yang perlu Anda membersihkan adalah trackpad di anggota bawah keyboard. Untuk melakukannya, persiapkan kain basah yang bebas serat.

Untuk membersihkan minyak berasal dari jari yang menempel di trackpad, tersedia baiknya Anda memanfaatkan alkohol atau air.

5. Hapus File yang Tidak Digunakan

Setelah seluruh anggota luar laptop sudah dibersihkan, tersedia baiknya Anda sekaligus membersihkan 'sampah digital' agar laptop bekerja bersama mulus.

Hapus seluruh file yang tidak digunakan, membersihkan folder Recycle Bin, dan hapus file download-an yang sudah diperlukan.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • 5 Cara Mudah Membersihkan Laptop yang Baik dan Efisien Wajib Dilakukan

Terkini

Topik Populer

Iklan