Apa Saja Perbedaan Antara UI dan UX Design?

Perbedaan UI dan UX Design

Dalam dunia yang pemasaran digital atau digital marketing sekarang ini sangat penting bagi Kamu untuk mengetahui strategi bisnis yang harus Kamu lakukan. Pemasaran digital saat ini, muncul istilah User Interface (UI) dan User Experience (UX) design.

Bagi Kamu yang merasa asing dengan kalimat ini, tidak perlu untuk merasa khawatir karena pada kali ini Saya akan menjelaskan mengenai perbedaan dari UI dan UX design.

Apa itu UI dan UX design?


User Interface (UI) dan UX (User Experience) merupakan suatu tampilan visual dalam aplikasi atau alat untuk pemasaran digital contohnya dalam bentuk website yang dapat meningkatkan suatu brand produk yang dimiliki oleh bisnis atau perusahaan yang Kamu miliki.

Biasanya, perusahaan yang sangat besar akan mencari karyawan yang mempunyai kemampuan UI dan UX untuk dapat membuat tampilan aplikasi atau website agar lebih menarik untuk dilihat. Percaya atau tidak percaya, tampilan dari aplikasi atau website sangat mempengaruhi tingkat penjualan suatu product yang Kamu miliki saat ini.

Beberapa orang tidak mengetahui akan hal ini secara pasti, bahkan ada yang beranggapan kalau User Interface (UI) dan User Experience (UX) itu adalah hal yang sama. Pada kenyataannya UX dan UI itu adalah hal yang berbeda tetapi saling berhubungan.

User Interface (UI) Design


UI merupakan desain antarmuka yang berfokus pada keindahan dari suatu tampilan. Pemilihan dari warna yang baik dan cocok dan hal-hal lainnya yang membuat tampilan dari web tersebut enak dipandang oleh mata dan membuat para pengunjung betah untuk berlama-lama di web tersebut.

Gambar diatas menunjukkan bidang utama dari User Interface yang terdiri dari Interface Design, Grafis, Icon, dan Visual Design. Tujuan utama dari UI adalah untuk menampilkan interface yang selaras dengan warna, font, gambar dan lain-lain.

Bagi UI designer mereka akan lebih fokus pada visualisasi, coloring dan hal lainnya yang berkaitan dengan kreativitas dari interface yang akan digunakan oleh user. Visualisasi adalah kunci dari UI design dan berfokus pada interface yang akan digunakan oleh si user agar lebih indah dan menarik.

User Experience (UX)


Bedanya UI dengan UX adalah dari segi fungsinya, apabila UI lebih berfungsi untuk membuat tampilan desain lebih menarik. UX merupakan design yang digunakan untuk meningkatkan kepuasan dari pengguna website tersebut melalui kesenangan dan kegunaan yang diberikan dalam interaksi antara pengguna internet dan pengunjung dari product. UX inilah yang akan berfungsi untuk dapat membuat website menjadi lebih mudah dan tidak membuat user menjadi kebingungan.

UX ini memiliki bidang yang sangat luas dari UI, karena bidang UX harus dimulai dari research pasar sampai pada penerapan kedalam interface.

Mereka para UX designer berfokus pada perancangan, menjembatani bagaimana tampilan nantinya akan mampu saling bekerjasama dengan sistem dalam kondisi baik.

Tujuan Penerapan UI dan UX Design


Setelah membahas perbedaan dari UI dan UX, maka sekarang akan membahas tujuannya. Perbedaan yang sangat mencolok adalah dalam hal tujuannya. UI mempunyai tujuan yang penting untuk menampilkan desain interface dengan keselarasan dan konsistensi yang baik seperti font, warna, gambar dan bentuk visual lainnya.

Sedangkan UX lebih berfokus pada website agar lebih mudah digunakan oleh pengguna. Desain dari UX dibuat untuk menghubungkan agar UI data dapat bekerjasama dengan sistem dalam kondisi baik.

UI lebih menciptakan ikatan emosional pengguna melalui desain tampilan yang menarik dan indah. Biasanya UI akan diterapkan setelah UX selesai dengan menentukan desain dari layout (tata letak), warna dan hal lainnya.

Nah udah paham kan ya, apa sih perbedaannya UI & UX? Jadi kesimpulannya UI & UX itu adalah hal yang berbeda tapi saling terkait.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter