Iklan

terkini

3 Tips Menolak Teman yang Mempunyai Perasaan Suka Pada Anda Tanpa Membuat Dia Tersakiti

12 Nov 2019, November 12, 2019 WIB Last Updated 2023-05-31T03:07:48Z
3 Tips Menolak Teman yang Mempunyai Perasaan Suka Pada Anda

Paltycox.com, Medan, Hal yang berurusan dengan perasaan yang tidak terbalas bisa menjadi membuat seseorang menjadi canggung. Apalagi ketika Anda adalah orang yang menerima cinta tersebut.

Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara menghadapi situasi ini dengan hati-hati tanpa menyakitinya. Anda mungkin tidak ingin berbohong tentang perasaan tetapi Anda juga tidak ingin menyakiti siapa pun dengan menolaknya.

"Menghadapinya tergantung pada seberapa banyak orang ini telah menunjukkan perasaannya pada Anda. Mungkin sulit untuk memastikannya, tetapi Anda bisa melihat perilaku yang ia tunjukan," ucap ahli hubungan Darcy Sterling seperti dikutip Elite Daily, Senin (11/11/2019).

Dalam kondisi seperti itu, Anda mungkin tidak akan memberi tahu dia secara langsung bahwa tidak tertarik padanya. Apabila Anda mengungkapkan penolakan tanpa dia tanya bisa membuat suasana makin canggung.

Berikut saran pakar saat menghadapi orang yang menyukai Anda:

Berikan sinyal tidak tertarik


Salah satunya dengan mengungkapkan bahwa Anda menceritakan kepadanya bahwa senang dengan kondisi lajang atau membawa seseorang yang Anda sukai untuk pergi bersamanya.

"Anda juga bisa mencoba untuk tidak menghabiskan waktu hanya berdua dengannya. Ini membuatnya tahubahwa Anda tidak minat dalam hubungan percintaan dengannya," ucap Sterling.

Bicarakan Langsung Bila Ia Kirim Sinyal

Cara terbaik dan paling jelas untuk mengomunikasikan perasaan Anda adalah dengan menyatakannya secara langsung. Namun, tunggu sampai ia melakukan hal yang benar-benar jelas bahwa dia tertarik pada Anda.

"Mungkin ketika ia membuat komentar genit atau mengirim pesan berupa 'kode' Anda bisa langsung menanyakan maksudnya. Jika dia mengatakan tertarik, mengenai perasaan Anda yang tidak tertarik padanya," ucap Sterling.

Anda bisa mengapresiasi terlebih dahulu mengenai keberaniannya dalam mengungkapkan perasaan.

"Setelah itu jelaskan padanya secara baik-baik bahwa Anda tidak menginginkan hubungan yang lebih dari sekadar teman," ucap Sterling.

Namun apabila ia masih bertindak seperti tidak ada yang terjadi atau malah menanyakan apa yang Anda maksud, Anda bisa menggunakan kesempatan ini untuk lebih memperjelas lagi.

"Anda bisa mengatakan bahwa Anda tidak terbiasa dengan teman atau rekan kerja yang mengirim pesan di malam hari. Ungkapkan juga bahwa Anda senang apabila memang tidak ada perasaan terlibat di dalamnya," jelas Sterling.

Tetap Jujur dan Bijaksana

"Yang terbaik dan satu-satunya yang harus dilakukan adalah jujur dan bijaksana. Kita juga tidak bisa mengendalikan perasaan seseorang yang terluka, yang bisa kita kontrol adalah apa yang kita nyatakan padanya," ucap ahli hubungan Erika Ettin.

Orang tersebut kemungkinan besar akan kecewa karena Anda tidak merasakan hal yang sama padanya. Jangan jadikan itu alasan untuk Anda tidak berkata jujur.

"Sangat gampang untuk melumpuhkan diri Anda karena takut akan apa yang dipikirkan orang lain. Kamu tidak bertanggung jawab atas apa perasaan orang lain," ucap Sterling.

Jika Anda khawatir kehilangan relasi yang baik dengannya, ingatlah bahwa Anda bukan orang yang memicu keretakan tersebut. Selama Anda telah menyatakan perasaan dengan tulus, Anda telah melakukan yang terbaik yang bisa dilakukan.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • 3 Tips Menolak Teman yang Mempunyai Perasaan Suka Pada Anda Tanpa Membuat Dia Tersakiti

Terkini

Topik Populer

Iklan