Iklan

terkini

Cara Meningkatkan Penjualan di Shopee Bagi Pemula

19 Feb 2022, Februari 19, 2022 WIB Last Updated 2023-05-31T02:09:58Z
Cara Meningkatkan Penjualan di Shope

S etelah Kamu sudah berhasil membuat toko online di shopee dan pastinya Kamu ingin tahu dong bagaimana cara meningkatkan penjualan di shopee, agar cara berjualan di Shopee untuk pemula agar cepat laku.

Memang tidak ada cara yang instan agar mendapatkan penjualan dengan cepat di Shopee. Namun jika Kamu melakukannya dengan tekun, serius dan konsisten, pasti Kamu bisa mendapatkan orderan setiap hari di Shopee, hal ini bukanlah sebuah hal yang mustahil.

Cara Meningkatkan Penjualan di Shopee

Berjualan di marketplace seperti shopee sangatlah mudah untuk dilakukan. Kamu hanya perlu mendaftarkan akun dan mulai untuk menjual produk Kamu. Akan tetapi, ada hal yang harus Kamu perhatikan, agar toko Kamu tidak kalah saing dengan toko yang lain yang menjual produk yang sama.

Disini, paltycox.com menyediakan artikel tips untuk meningkatkan penjualan di shopee. Simak penjelasan berikut ini yukkk!!!

1. Analisa Produk yang Banyak Peminatnya

Jika Kamu masih baru berjualan di shopee, terlebih dahulu Kamu harus menganalisa produk yang banyak peminatnya. Kamu bisa melakukan riset dulu, seperti apa produk yang akan Kamu jual? Seberapa besar pasarnya? Peminatnya siapa saja? Dan berapa harga yang cocok untuk produk tersebut?

Dengan menganalisa hal seperti itu, Kamu akan langsung tau seberapa besar persaingan terhadap produk tersebut. Caranya Kamu bisa melakukan pencarian untuk produk yang ingin Kamu jual dan klik kolom terlaris di shopee.

Kamu juga harus teliti, lihat kenapa produk itu laris? Apakah karena harganya yang murah? Atau produk tersebut memiliki beberapa varian? Atau bisa saja dengan lokasi toko. Dari hal ini Kamu bisa menentukan harga dan varian terhadap produk yang akan Kamu jual.

2. Manfaatkan Fitur Flash Sale

Fitur flash sale atau fitur penjualan merupakan fitur unggulan dari shopee, karena banyak yang pengguna shopee yang tertarik dengan fitur ini ketika mengunjungi sebuah toko. Dengan memanfaatkan fitur flash sale, produk Kamu bisa naik dan memiliki potensi banyak konsumen.

Tidak sembarangan penjual agar bisa menikmati fitur flash sale ini. Terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi, yaitu :

  • Memiliki 0 poin penalti
  • Tingkat respon obrolan dengan konsumen baik
  • Produk harus memiliki harga termurah
  • Pada waktu flash sale, hanya 1 produk yang bisa masuk
  • Minimal 5 stok produk
  • Review Toko harus memiliki rating diatas 4 bintang
  • Harus gratis ongkos kirim

Jika produk Kamu berhasil masuk dan tampil disini, bukan hanya toko Kamu saja yang akan banyak pengunjung, Kamu juga berpeluang besar untuk mendapatkan follower yang banyak.

3. Ikut Shopee Campaign

Shopee Menyediakan berbagai fitur untuk memaksimalkan pemasarannya. Salah satu fiturnya yaitu "My Campaigns". Fitur ini bisa meningkatkan keuntungan dari produk Kamu bisa menjangkau pembeli secara luas.

Kamu akan mendaftarkan toko agar diiklan di berbagai banner situs web. Yang paling menariknya fitur ini gratis tanpa adanya biaya. Namun, agar Kamu bisa menikmati fitur shopee campaign, toko Kamu harus memenuhi beberapa kriteria, antara lain :

  1. Informasi produk harus lengkap dan jelas
  2. Kamu sebagai penjual harus memberikan diskon sebesar 10-20% ketika toko Kamu terpilih
  3. Harga produk yang Kamu cantumkan juga harus menarik

Untuk mengakses fitur ini, Kamu tinggal masuk ke Seller Centre -> Marketing Centre -> My Campaign.

4. Beri Diskon Produk

Dimana-mana pembeli lebih senang dan tertarik terhadap produk yang sedang diskon, begitu juga dengan pembeli di Shopee. Kamu bisa menggunakan fitur diskon supaya pengunjung toko Kamu tertarik untuk membeli produk yang Kamu jual.

Perlu untuk diingat, harga yang Kamu tawarkan saat diskon harus masuk akal dan juga bisa bersaing dengan penjual yang menjual produk yang sama. Kamu juga bisa mengatur batasan pembelian produk agar tidak habis diborong oleh 1 pembeli saja, berikanlah kesempatan kepada pembeli lain untuk mendapatkan diskon juga.

5. Manfaatkan Fitur Top Picks from Shop

Agar cross-selling meningkat, Shopee sendiri sudah menyediakan fitur Top Picks from Shop atau yang biasa dikenal dengan kumpulan produk toko yang paling top. Kamu sebagai penjual hanya dapat menambahkan maksimal 8 produk yang akan tampil dibagian depan toko Kamu.

Untuk mengaktifkan fitur ini, masuk ke Seller Centre -> Marketing Centre -> Top Picks -> Add Collection

6. Bagikan Voucher Toko

Dengan membagikan voucher toko kepada pembeli akan mendorong minat mereka untuk memasukkan lebih banyak produk ke dalam keranjang belanja. Kamu bisa mengatur berapa minimal pembelian agar voucher tersebut dapat digunakan.

Untuk membuat voucher di shopee cukup mudah. Kamu tinggal masuk ke Seller Centre -> Promosi Saya -> Voucher Toko Saya.

Ada 2 tipe voucher, yaitu

  1. Voucher Produk : voucher yang digunakan untuk produk tertentu
  2. Voucher Toko : voucher yang digunakan untuk produk apapun yang ada didalam toko

7. Manfaatkan Media Sosial

Dengan memanfaatkan media sosial bisa meningkatkan penjualan Kamu. Informasi toko atau produk bisa juga Kamu upload di media sosial, seperti facebook, instagram, tiktok dan lain sebagainya. Guna untuk meyakinkan pembeli dengan toko dan produk Kamu.

Bukan hanya itu saja, Kamu juga bisa membangun brand toko Kamu agar semakin kuat dan juga memperluas target pasar Kamu.

8. Aktifkan Fitur Gratis Ongkir

Kebanyakan pengguna shopee cenderung membeli sebuah produk yang memiliki label gratis ongkir. Maka Kamu harus memanfaatkan fitur ini.

Meskipun keuntungan Kamu akan terpotong lebih sedikit, namun hal itu lebih baik daripada tidak ada yang membeli produkmu karena tidak ada label gratis ongkir.

9. Beriklan

Jika produk ingin lebih cepat mendapatkan penjualan di shopee, disarankan Kamu sebaiknya untuk beriklan. Karena dengan beriklan, maka produk Kamu akan banyak dilihat orang dan banyak juga pembeli.

Kamu juga harus yakin bahwa produkmu memiliki kualitas. Karena hal ini cukup penting agar produk dibeli oleh konsumen.

Ada 3 hal yang harus Kamu perhatikan sebelum beriklan yaitu:

  1. Foto produk yang bagus
  2. Banyak review atau ulasan yang positif
  3. Harga yang cukup kompetitif

Jika hal tersebut sudah terpenuhi maka peluang penjualanmu dalam beriklan akan semakin meningkat.

10. Pahami Proses Pembelian Konsumen

Sebelum membeli suatu barang, konsumen terlebih dahulu melalui 4 tahap yaitu sosial, keterlibatan, konversi, dan penyimpanan.

Sosial : Kesadaran pengguna untuk menemukan produk Kamu, sehingga Kamu harus memaksimalkan Fitur Pencarian dan Top Picks untuk mendapatkan konsumen.

Keterlibatan : Hal ini adalah keterlibatan calon pembeli untuk menentukan harga. Jadi Kamu harus memaksimalkan fitur Voucher Toko dan Shopee Live.

Konversi : Hal ini adalah ketika konsumen memutuskan untuk checkout produk Kamu, dia akan melihat apakah ada gratis ongkir atau voucher? Oleh karena itu Fitur Gratis Ongkir dan Voucher Toko sangat berperan kuat pada tahap ini.

Terakhir adalah Penyimpanan : Pada hal ini konsumen akan memutuskan apakah membeli lagi produk Kamu atau tidak? Kualitas produk dan rating yang tinggi sangat penting.


Dengan memanfaatkan sejumlah fitur diatas sudah terbukti bisa meningkatkan penjualan di Shopee. Jangan lupa untuk mengkombinasikan strategi pemasaran dengan media sosial agar penjualan produk Kamu di Shopee lebih maksimal.

Semoga artikel ini bermanfaat, silahkan share dan selamat mencoba :)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Cara Meningkatkan Penjualan di Shopee Bagi Pemula

Terkini

Topik Populer

Iklan