Iklan

terkini

Cara Mengatasi Paket Unlimited Smartfren Lemot

10 Jul 2023, Juli 10, 2023 WIB Last Updated 2023-07-10T12:14:31Z

Cara Mengatasi Paket Unlimited Smartfren Lemot - Setiap pelanggan pasti pernah merasakan jaringan smartfren yang lemot. Sebabnya pun cukup terlihat, yaitu sinyal 4G hilang dan otomatis tidak bisa mengakses internet. Ada sebagian pelanggan juga yang mengeluh paket smartfren unlimited lemot sedangkan FUP masih ada. Tetapi kalian jangan khawatir, setiap permasalahan pasti ada solusinya.

Beginilah Cara Mengatasi Paket Unlimited Smartfren Lemot


Paket internet unlimited dibuat untuk memberikan akses tanpa batas bahkan saat tidak ada kuota sekalipun. Tetapi bukan berarti kecepatan internet akan terus stabil. Pada kenyataannya pelanggan banyak yang mengeluh akibat internet smartfren lemot . Jadi bagaimana cara mengatasi paket unlimited smartfren lemot? Dan apa penyebabnya?


Salah satu alasan pelanggan yang beralih ke operator smartfren adalah karena tariff ditawarkan murah. Hanya dengan 80 ribu pelanggan bisa mengaktifkan paket unlimited FUP 1GB perhari.


Cara Mengatasi Paket Unlimited Smartfren Lemot  

Smartfren adalah salah satu provider yang menyediakan paket unlimited bulanan. Memiliki jaringan 4G LTE pada kartu smartfren GSM berhasil menarik banyak orang.  Pengguna bisa langsung menikmati paket internet tersebut tanpa takut kuota habis.


Selain memiliki kelebihan, smartfren GSM 4G juga memiliki berbagai permasalahan. Salah satu yang paling sering yaitu kecepatan internet menurun setelah FUP habis. Hal ini tentunya akan sangat mengganggu pengguna karena akses yang terhambat.


Cara mengatasi paket unlimited smartfren lemot cukup dengan membeli kuota add on yang dijual dengan harga Rp 2000 hingga Rp 5000. Pelanggan juga bisa memilih mengaktifkan paket FUP terbanyak yaitu 2GB perhari.


Kuota FUP Habis

Smartfren merupakan provider yang menerapkan penggunaan kuota FUP dalam paket internet unlimited. FUP yaitu batasan kuota utama yang digunakan untuk mengakses internet. Jika jatah kuota utama habis, maka otomatis system akan menurunkan kecepatan internet secara perlahan.

Jika paket smartfren unlimited lemot maka dipastikan kuota FUP kalian telah habis. Inilah menjadi salah satu alasan banyak pelanggan ingin menghilangkan FUP smartfren.

Cara mengatasi smartfren lemot karena FUP maka kalian bisa melakukan pembelian paket yang sama lagi. Cara yang lain adalah dengan melakukan upgrade FUP. Berikut ini beberapa cara untuk  mengatasi paket unlimited smartfren lemot :

  • Membeli paket baru
  • Tambahkan FUP dengan paket Add On
  • Lakukan setting APN khusus paket unlimited
  • Ganti mode jaringan
  • Bersihkan ruang penyimpanan secara rutin

Cara Menghilangkan FUP Smartfren

Paket internet unlimited semua operator pasti memiliki FUP (fair usage policy). Smartfren menerapkan kuota FUB sebesar 500mb hingga 1GB perharinya. Dulu, operator ini (CDMA) tidak menerapkan FUP. Namun setelah meluncurkan kartu GSM provider ini ada kebijakan baru.

Jika kalian memiliki kartu smartfren berbasis CDMA maka kalian tidak akan dikenakan FUP. Tetapi sayangnya, kecepatan internet CDMA tidak secepat GSM. Hanya saja GSM menerapkan system FUP untuk penggunaan kuota hariannya.

Berikut ada beberapa cara untuk mengatasi paket unlimited smartfren lemot :


Beli Kuota Add On

Paket kuota add on merupakan tambahan data yang langsung diakumulasikan dengan kuota utama. FUP paket unlimited akan bertambah dan kecepatan internet akan stabil kembali.

Syarat utama mengaktifkan paket add on adalah kalian harus terdaftar dulu dalam paket internet unlimited bulanan FUP dengan jumlah berapa saja. Berikut ada beberapa contoh paket add on smartfren :

NAMA PAKET                    KUOTA ADD ON                MASA AKTIF       HARGA

Booster Unlimited           500MB  1 Hari                                     Rp 2000

Booster Unlimited           500MB  3 Hari                                     Rp 5000

Booster Unlimited           500MB  7 Hari                                     Rp 10000

Cara untuk mengatasi paket unlimited smartfren lemot dengan membeli kuota add on sangatlah mudah, yaitu:

  • Pertama buka aplikasi Mysmartfren
  • Kemudian login dengan nomor kalian
  • Lalu pada informasi paket klik klaim
  • Selanjutnya akan ditampilkan halaman pembelian
  • Lalu pilih paket add on
  • Lakukan pembelian
  • Kemudian tunggulah hingga ada SMS notifikasi sukses dari pihak operator.


Upgrade Paket Unlimited

mengatasi paket unlimited smartfren lemot berikutnya adalah dengan cara melakukan upgrade layanan. Tetapi banyak pelanggan yang tidak mau mengeluarkan pulsa berlebih. Tetapi bagi kalian yang memiliki penggunaan internet berlebih maka cara ini bisa kalian coba. Berikut ada beberapa deskripsi produk :

DESKRIPSI                           UNLIMITED NONSTOP 45GB       UNLIMITED NONSTOP 60GB

Kuota Utama                                        45GB                                                     60GB

Bonus Unlimited                          aplikasi pilihan                                   aplikasi pilihan

Masa Aktif                                       1 Bulan                                                 1 Bulan

Harga                                              Rp 100.000                                          Rp 125.000

Cara mengatasi paket unlimited smartfren dengan cara yang satu ini sedikit lebih efektif dibanding cara yang lainnya. Beberapa aplikasi pilihan yang bisa kita akses meski kuota FUP habis:

  • WhatsApp
  • Line
  • Discord
  • Grab & Gojek
  • DANA
  • Mysmartfren
  • Platform e-commerce

Setting APN Smartfren Unlimited

Penyebab lain dari jaringan internet smartfren lemot adalah server APN smartfren masih default atau kesalahan mengganti APN. APN merupakan access point name yang berfungsi mengjembatani ponsel dengan internet.

Setting APN dipakai untuk mempercepat internet smartfren akibat FUP habis.  Berikut ini ada APN yang bisa kalian simak dan samakan berdasarkan yang ada di ponsel kalian:

DATA                     KETERANGAN

APN                       Smartfren

Username           smartfren

Password            smartfren

Proxy                    -

Port                       -

Server                   -

 

Smartfren Gangguan

Smartfren merupakan provider yang masih baru dalam penggunaan jaringan 4G, maka banyak juga kendala yang bemunculan. Permasalahan yang pertama dan pada umumnya yaitu jaringan lemot akibat gangguan teknis pada server internal.  Smartfren masih perlu melakukan pembenahan agar tetap bisa bersaing dengan provider lain. Solusi dari permasalahan ini adalah dengan menunggu jaringan smartfren kembali stabil atau bisa melakukan complain pada costumer service.


Memory Internal Penuh

Cara untuk mengatasi paket unlimited smartfren lemot karena segi internal yaitu penuhnya memori ponsel kalian, cukup dengan membeli micro sd card sebagai extention atau tambahan penyimpanan di ponsel.


Nyalakan Mode Pesawat 

mengatasi paket unlimited smartfren lemot akibat yang satu ini kalian hanya perlu menyalakan mode pesawat untuk mereset jaringan. Saat koneksi internet kembali aktif maka kalian akan terhindar dari internet smartfren lemot untuk sementara waktu.


Kesimpulan

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi paket unlimited smartfren lemot yang bisa kalian coba. Semoga bermanfaat.

  

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Cara Mengatasi Paket Unlimited Smartfren Lemot

Terkini

Topik Populer

Iklan